Artikel Terbaru

Tips Oke Merawat Burung Kenari Jadi Jagoan

Merawat Burung Kenari tidak sulit hanya butuh ketekunan dan kesabaran. Untuk memperoleh kenari yang baik dengan cara membeli bakalan kemudian melatih perlahan-lahan hingga menjadi jagoan.

Inilah tips untuk memilih dan merawat burung kenari


1. Pilih burung kicauan kenari dari pejantan berkualitas, dimana ciri kenari jantan mempunyai grade bagus adalah bentuk kepala agak kotak, pada tempat pembuangan kotoran seperti condong keluar. Lebih jauh mengenai memilih burung kenari.

2. Beri makanan sesuai dengan jenis, bila kenari termasuk dari jenis lokal maka sebaiknya beri saja makanan lokal. Hal ini disebabkan lidah kenari lokal hanya cocok dengan makanan berasal dari daerah setempat. Kecuali bila kenari termasuk dalam jenis impor, maka makanan impor bisa dicoba.

3. Untuk mendapatkan burung kenari dengan nafas panjang, biasakan memberi sangkar yang luas pada burung kicau ini. Hal ini akan memudahkan kenari untuk bergerak leluasa, selain melatih gerak juga menjadikan kenari tidak gampang stress.

4. Bila perlu, makanan tambahan dapat beri pada kenari kesayangan. Seperti sawi, wortel, ketimun, selada dll. Sebagai contoh, misal ketimun, diberikan bila kenari terlalu gemuk. Sawi atau sosin diberikan untuk membuat bulu kenari terlihat bersih juga bersinar sesuai sesuai warna dasarnya.

5. Jemur burung kenari di bawah terik matahari pagi, sekitar 1 jam

6. Mandikan burung sekali dalam seminggu

7 Berikan kerodong penutup, khususnya bila malam telah tiba. Hal ini dimaksud untuk mencegah gigitan nyamuk.

Merawat Burung Kenari

Tips untuk pakan kenari


Untuk mendapatkan kicau burung selalu prima, terkadang burung kenari butuh makanan tambahan yang yahud dan mantap. Anda pun dapat meracik sendiri makanan andalan yang bisa digunakan untuk memacu kicau burung kesayangan.

Parut 1 siung jahe dan kunyit hingga halus lalu di rebus dengan sedikit air jika sudah panas tiriskan ke dalam tempat semacam panci, setelah itu campur pakan kenari dengan perbandingan 1 siung jahe dan kunyit untuk 1 kg pakan kenari biarkan supaya menyerap lalu diaduk, kemudian jemur (dengan serat jahenya) setelah agak kering di garang diatas katel / wajan (tanpa minyak) dengan menggunakan api kecil, setelah kering lalu angkat, (jangan terlalu lama) lalu suguhkan ke kenari anda.

Racikan pakan tersebut akan membuat kenari selalu berbunyi dalam segala medan musim, baik musim panas atau dingin. Selamat mencoba tips merawat burung kenari. http://www.pojok-vet.com/Burung/tips-merawat-burung-kenari.html

Tips Budidaya Burung Parkit Berkualitas Baik

Budidaya burung parkit berkualitas baik tidaklah terlalu sulit. Asalkan mengetahui tahapan berternak burung ini maka tingkat keberhasilan semakin tinggi. Kalau cara budidaya dilakukan secara apa adanya hasilnya kurang memuaskan.

Parkit Berkualitas Baik

Inilah Tips Budidaya Burung Parkit Menghasilkan Kualitas Baik :


1. Pemilihan jodoh burung parkit cocok dan serasi.
Bila target adalah kualitas maka perjodohan perlu seleksi khusus dari peternak. Karena untuk mendapatkan pasangan burung parkit yang serasi, gampang-gampang susah. Biasanya mereka pilih-pilih pasangan. Nah kalau kita yang memilihkan sangat dituntut kesabaran. Kadang yang kita pasangkan tidak mau akur.

Bila target adalah kuantitas maka biarkan parkit memilih pasangan sendiri di kandang perjodohan masal.

2. Umur parkit ideal untuk budidaya.
Umur parkit sudah matang kelamin sekitar 90 hari. Jadi pilih umur parkit usia produktif karena sangat menentukan keberhasilan budidaya burung parkit ini.

3. Seleksi jenis kelamin parkit.
Sepintas burung parkit dari postur antara jantan dan betina hampir sama. Tetapi untuk bisa memedakan dengan jelas kalau parkit sudah dewasa yaitu warna kebiruan pada tonjolan hidung parkit jantan, sedang betina cenderung berwarna semu putih.

4. Ukuran kandang sesuaikan dengan populasi pasangan
Kalau di lakukan secara penangkaran masal. Kelebihan sistem ini adalah biaya kandang jauh lebih murah dan praktis. Sedangkan kelemahannya adalah apabila salah satu burung sakit maka akan mudah menular kepada parkit lain. Sehingga terjadi kematian masal.

5. Pemilihan jenis pakan yang tepat.
Usahakan beli pakan benar-benar 'berisi'. Ada kala stok dagangan yang terlalu lama sehingga banyak isi bijian tersebut kosong / kopong. Jadi pilih biji-bijian yang berat agar bisa memberi nutrisi cukup untuk burung parkit. Extra fooding berupa kecamba, jagung muda atau sayuran juga dapat diberikan.

6. Grid / Asinan atau batuan meniral
Untuk membantu pencernaan burung ini juga perlu diberi. Asinan bisa didapat dari tumbukan batu bata merah, genteng ataupun kulit sotong.

7. Kesehatan burung parkit
Jaga kesehatan burung karena sangat berpengaruh pada perkembangbiakan.

8.  Jaga kebersihan kadang / sangkar

9. Pencahayaan dan sirkulasi udara.
Parkit sangat membutuhkan cahaya matahari, kurang cocok ditempat lembab. Jauhkan dari tempat memasak atau jangan terkena asap. Kalau terlalu lembab parkit cenderung mudah mencret. Sirkulasi udara berguna untuk membuang virus apabila ada parkit terkena penyakit agar parkit lain tidak tertular.

Semoga dapat menghasilakan burung parkit berkualitas baik agar bukan sekedar hobby atau hiburan, tapi budidaya burung parkit jadi peluang usaha bisa menambah penghasilan dilansir oleh infokita.web.id.

Peluang Usaha Budidaya Burung Parkit

Peluang Usaha Budidaya Burung Parkit belum banyak digeluti orang. Ini salah satu jenis burung cantik dengan bulu warna-warni, oleh sebab itu burung parkit selalu laku di dikalangan penghobi burung, sehingga menjadi suatu Peluang Usaha mempunyai prospek baik.

Tidak terlalu sulit budidaya burung parkit karena burung ini produktif menghasilkan anakan, walau demikian tentu memerlukan keuletan dan kesabaran. dilansir peluangusaha215.blogspot.com.

Budidaya Burung Parkit

Budidaya Burung Parkit Sediakan :


1. Kandang
Tempat untuk indukan sediakan kandang seperti balok ukuran 2 x 1 x 1,5 m untuk 15 pasang burung parkit. Bahan  dari kawat agar kuat, karena paruh burung parkit sangat tajam. Pasang kain disekitar kandang agar kondisi dalam kandang lebih hangat dan tutup semua kandang dengan kain jika malam hari.

Siapkan tempat anak parkit, tujuannya jika sudah umur 30 hari di dalam “rumah pribadi” indukan, anak parkit telah siap dipindah ke dalam kandang anakan. Ini bertujuan agar bisa berlatih terbang dan makan sehingga siap dijual. Bentuk kandang hampir sama seperti kandang indukan, atau dibuat lebih kecil.

2. Rumah pribadi
Umumnya terbuat dari kayu randu berbentuk kotak yang sering disebut “glodok”, mudah dijumpai di pasar burung atau dibuat sendiri untuk setiap pasangan parkit.

Tips Memilihara Burung Parkit :


* Usahakan memilih induk berbeda warna. Jantan atau Betina dapat dibedakan setelah usia 4 bulan. Jantan mempunyai ciri warna biru di bagian atas lubang hidung. Sedangkan betina, warna bagian atas lubang hidung putih kotor, krem atau coklat.

* Pilih yang kelihatan sudah cocok dengan pasangannya karena akan lebih mudah untuk ditangkar

* Sesuaikan besar kandang dengan jumlah pasangan agar tidak terlalu padat, ini menjaga hal yang kurang baik bagi kesehatan burung.

* Pindahkan anak parkit setelah umur 30 hari ke kandang anakan, dan setelah umur 40-45 hari anak parkit sudah siap untuk dijual atau dimasukkan ke kandang baru

* Jaga ketersedian pakan dan minum dalam kondisi bersih

* Buang makanan yang mulai busuk karena kelebihan pakan, terutama sayuran tauge, jagung dll.

* Makanan utama burung parkit yaitu otek, ini mudah didapat pada kios penjual makanan burung.

Modal awal Peluang Usaha Ternak Burung ini sekitar Rp 1.300.000 untuk 15 pasang parkit berikut pembuatan kandang. Sedangkan pengeluaran setiap bulan Rp 230.000, dengan harga burung parkit sekitar Rp 65.000/pasang dan harga pakan  Rp. 8.000 s/d Rp. 10.000 per Kg.

Cukup menguntungkan bukan mengingat usaha ternak parkit ini sangat mudah. Bayangkan jika mempunyai 15 pasang burung parkit, jika 1 kandang bertelur 6 dan minimal menetas 3 maka sudah menghasilkan 45 anak parkit.

Peluang Usaha Ternak Burung Parkit ini bisa dilakukan dengan modal awal seadanya, lalu dikembangkan menjadi besar. Caranya anak burung parkit yang dihasilkan selama beberapa bulan dipakai untuk penangkaran dulu tidak langsung dijual. Dengan demikian semakin lama budidaya usaha burung parkit semakin besar. Selamat mencoba. Bagaimana menghasilkan budidaya burung parkit berkualitas baik?

Tips Menjinakan Burung Kacer Giras

Kesulitan cara menjinakan kacer / poci  karena biasanya Mudah Hutan. Sehingga apabila perawatan awal tidak tepat, burung tersebut malah makin giras. Setiap orang memiliki cara berbeda-beda menjinakkan kacer. Tidak semua cara cocok pada burung kacer kita masing-masing. Perlu ada variasi yang harus disesuaikan dengan kondisi burung, dilansir oleh burunglokal.blogspot.com.

Langkah awal menjinakan burung ini adalah memilih burung kacer yang baik

Menjinakan Kacer

Cara umum menjinakkan kacer poci atau kacer hitam adalah


1. Jika burung masih terlihat stress, asingkan terlebih dahulu di tempat sepi hingga burung terlihat nyaman di sangkar

2. Mandikan kacer secara rutin pagi / sore sampai basah kuyup.

3. Kondisikan burung dalam keadaan lapar lalu beri makan extra fooding jangkrik menggunakan tangan. Jika burung belum berani mematuk, ajari perlahan-lahan dengan bantuan lidi. Jangkrik dibunuh lalu tempatkan diujung lidi. Setelah itu baru disodorkan pada kacer. Untuk permulaan mungkin bisa memakai lidi panjang.

4. Kemudian berangsur-angsur gunakan lidi sedang dan seterusnya lalu coba lewat tangan langsung

5. Hindari gerodongan kecuali malam hari.

6. Gantung di tempat ramai dilalui orang.

7. Gantung di tempat rendah kira-kira 1 meter diatas permukaan tanah.

Cara terakhir jika cara diatas tidak mempan. Titipkan burung kacer tersebut ke saudara teman yang memiliki kios di pasar tradisional. Dengan cara digantung, biasanya dalam kurun 1 bulan, kacer poci atau kacer hitam muda hutan akan segera beradaptasi dengan lingkungan. Mudah-mudahan dengan perawatan yang baik kacer juara dalam perlombaan.

Menghasilkan DOC Ayam Broiler Kualitas Baik

Anak ayam broiler berumur sehari (Day Old Chicken = DOC) berkualitas baik memberi banyak keuntungan pada usaha budidaya ayam broiler.

Beberapa keuntungan memelihara DOC kualitas prima yaitu, daya hidup tinggi, feed konversi lebih baik, pertambuhan berat badan lebih baik. Dengan ketiga aspek tersebut, broiler komersial berdampak terhadap nilai jual karena, biaya pakan lebih rendah, panen sesuai target. Untuk breeding dan layer performance pullet yang optimal menghasilkan periode produksi maksimal.

Dua hal mengukur kualitas DOC, secara kuantitatif dan secara kualitatif  dikutip dari poultryindonesia.com. Cara kuantitatif, kualitas DOC diukur dari berat saat setelah menetas, panjang anak ayam, berat sisa kuning telur (yolk) dan lain-lain. Pengukuran qualitatif yakni kebersihan, kering, bebas dari kotoran dan kontaminasi, mata jernih berbinar, bebas dari cacat, pusar menutup lengkap dan bersih, tidak ada sisa kuning telur pada area pusar.

Tubuh kuat terhadap sentuhan, tanpa ada tanda-tanda stress seperti panting, tanggap dan tertarik pada kondisi lingkungan, respon terhadap suara, konformasi normal dari kaki, tidak ada merah (hock) dikaki, tidak ada bengkak, tidak ada luka dikulit, paruh normal, tidak lembek dan kuku kuat.

DOC Kualitas Baik

Pengukuran kuantitatif bisa diukur dengan timbangan dan perlu standarisasi. Kalau tidak akan bersifat subjektif, seperti menggunakan pasgar score dengan nilai 0–10 dan Tona score dengan nilai 0-100.

Penanganan Telur Tetas Ayam Broiler 


Untuk mendapatkan DOC kualitas baik perlu penanganan terhadap telur selama di hatchery :

1. Grading Telur
Tujuan grading yakni untuk mendapatkan dan menginkubasi telur kualitas baik dengan beberapa cara.

Pertama, afkir dan buang telur yang tidak sesuai standar untuk ditetas. Telur tidak standar yakni kotor, retak, kecil (sesuai standar berat HE), sangat besar atau double yolk, kerabang jelek.
Kedua, simpan telur secara hati-hati ke dalam setter tray atau tray transportasi dimana ujung yang tumpul berada di atas.
Ketiga, hati-hatilah selama proses grading, selama awal produksi periksa berat dan seleksi hatching egg.
Keempat, simpan di ruang terpisah dimana temperature dan kelembaban dikontrol.
Kelima, jaga ruang penanganan telur dalam keadaaan bersih dan nyaman. Kontrol kutu di ruangan telur dengan cara memisah atau tolak telur kotor dan buggy dari hatchery.

2. Fumigasi Telur
Tujuan fumigasi yakni menghilangkan atau mengurangi kontaminan yang menempel pada permukaan telur agar tidak terjadi penetrasi kedalam telur baik jamur maupun bakteri. Fumigasi dilakukan harus sesuai dengan dosis yang dibutuhkan, contoh : single, double, dan seterusnya.

3. Penyimpanan Telur
Menyimpan dan mengoleksi telur agar sesuai dengan kebutuhan mesin atau permintaan dengan menjaga kualitas telur tetas dengan kondisi ideal sesuai lama penyimpanan.

Mekanisme yang menyebabkan turunnya hasil penyimpanan adalah sampai hari ini masih belum jelas, umumnya diketahui bahwa viskositas albumen (tingginya albumen) menurun dan pH albumen meningkat selama penyimpanan.

Perubahan dalam albumen tidak sesederhana yang digambar untuk kualitas hatching egg dalam menghasilkan DOC berkualitas prima. Kualitas telur terbaik terjadi pada saat hari dikeluarkan dari induk dan berubah dalam kekentalan albumen dan pH yang terjadi terutama selama 4 hari. Bagaimanapun, hatchability tertinggi diproduksi dari telur yang disimpan selama 1-2 hari, dan dari telur yang optimal kualitas albumen.

Pengaruh hatchability dan quality
Meskipun praktek di hatchery penyimpanan akan rusak setelah lama penyimpanan lebih dari 7 hari, efek negatif harus dihindari dari hari kedua dan seterusnya. A Norwegian mempelajari (2001) pada hasil hatchability dari 112 flok Ross komersial 208 diungkap bahwa faktor yang paling penting mempengaruhi hatchability adalah preinkubasi penyimpanan telur. Persentasi hatchability menunjukkan penurunan linear menurun dari hari kedua dan seterusnya. Dimana telah diperkirakan 0,7% perhari setiap penambahan penyimpanan.

Umur induk
Dimana terdapat pilihan, telur dari induk muda harus disimpan dibanding yang tua, menurunnya dalam hatchability setelah penyimpanan lebih besar pada telur lebih tua induknya.

Suhu penyimpanan
Setelah oviposisi, suhu dalam telur secara bertahap turun dibawah fisiological zero yaitu suhu minimum dimana embrio akan tumbuh kalau suhunya diatas fisiological zero. Suhu dibawah point ini mempengaruhi karakteristik telur lain oleh karena itu akan mempengaruhi kualitas telur tergantung dari durasi penyimpanan.

Ketika telur disetting disimpan sampai 3 hari suhu harus 18-210 C. Dengan periode penyimpanan 4-7 hari, telur harus disimpan antara 15-180 C. Ketika penyimpanan sampai 7 hari suhu harus 10-120 C.

Turning telur
Penelitian telah mengungkap bahwa turning telur dapat memperbaiki hatchability setelah penyimpanan preinkubasi. Dimana banyak data yang diteliti menyarankan bahwa metode ini hanya berguna untuk penyimpanan yang lama, hasil terbaru (2002) menggunakan telur ross 308 mengindikasikan bahwa turning telur 4 kali perhari dibutuhkan untuk periode penyimpanan 7 hari.

Perlakuan preinkubasi
Penilitian telah mengindikasikan bahwa prewarming yang segera sebelum memulai inkubasi dapat mengurangi turunnya hatchability setelah penyimpanan. Selama periode prewarming ini komponen suhu bervariasi pada telur menjadi homogen sebelum awal inkubasi , yang mana terlihat menyebabkan lebih seragamnya perkembangan awal embrio. Dalam penelitian ini, telur di hangatkan pada suhu 20-250 C untuk beberapa jam (5-16 jam) sebelum inkubasi. Bagaimanapun, dampaknya hanya akan tampak setelah penyimpanan yang lama. (lebih dari 14 hari).

Suhu inkubasi
Hasil terbaru dari penelitian pada telur kalkun mendemontrasikan dampak positip pada meningkatnya suhu selama minggu pertama dan kedua di inkubasi pada daya tetas telur yang disimpan. efek pada perlakuan suhu inkubasi pada telur broiler secara langsung di R & D. Pengukuran sebelumnya menyebutkan alat yang memudahkan untuk menurunkan hilangnya hatchability dan chick quality setelah penyimpanan pre inkubasi. Ditambah lagi, ada beberapa metode yang terbukti efektif dalam kondisi experimen tapi sulit diaplikasikan di hatchery .

Posisi telur
Dampak positip pada penympanan telur yang disimpan dengan posisi runcing diatas telah di tunjukkan terdahulu. Dengan cara ini posisi sentral kuning telur (dan embryo) terjaga selama penyimpanan. Di posisi ini, embrio terlihat lebih terlindungi dari dehidrasi dan adhesi pada membran, yang mana hasilnya lebih baik dalam bertahan selama penyimpanan.

Perlakuan pre warming di farm
Pemanasan sederhana telur yang segera setelah ovoposisi sebelum penyimpanan menunjukan mengurangi hilangnya hatchability yang disebabkan penyimpanan. Perlakuan ini memperlihatkan kemajuan perkembangan embrio pada tahap yang mana lebih baik dapat bertahan di periode penyimpanan. Penelitian terbaru 2001 menggunakan telur breeder komersial, pre warming HE pada suhu 37.5 C untuk periode 6 jam meningkatkan hatchability yang disimpan relatif untuk kelompok kontrol. Bagaimanapun peningkatan hanya menunjukkan pada telur yang disimpan 14 hari. Pada telur yang disimpan untuk 4 hari tidak ada pengaruh setelah diteliti. Metode ini terlihat sedikit cocok untuk telur dari kandang tua, pada saat telur mengandung embryo yang siap kemajuan lebih ketahap pada saat ovoposisi.

Ditulis oleh : Sandi Galih Purnama, S.Pt., Hatchery Manager. CV Intan Jaya Abadi, Sukabumi Jawa Barat.

Cara Tepat Menghasilkan Bebek Potong Seragam


Menghasilkan Bebek potong berat seragam pada saat panen sangat terkait dengan bagaimana cara beternak Bebek jantan yang tepat sehingga dicapai berat dan bentuk diinginkan. Menurut www.sentralternak.com memperhatikan berat dan bentuk keseragaman Itik akan memudahkan dari segi pemeliharaan dan pemasaran.

Bebek Potong Seragam

Petunjuk praktis menghasilkan Bebek potong seragam saat panen:


Tips Membeli DOD seragam
Beli DOD berat dan bentuk badan seragam. Salah satu cara menjalin kerjasama dengan produsen DOD  terpercaya. Apabila membeli DOD jauh dari lokasi ternak maka perlu memperhatikan penangan DOD ketika akan dikirim dan awal kedatangan dikandang kita.

Produsen bibit Bebek biasanya memberi tambahan kecambah dalam box sebagai ganti minum selama perjalanan. Kecambah adalah sayuran yang banyak mengandung air dan tidak mengandung pestisida sehingga aman dikonsumsi anak itik. Segera setelah DOD sampai di kandang, DOD diberi minuman berenergi tinggi dan berelektrolit. Pemberian minum dilakukan dengan segera bertujuan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, sehingga kehilangan berat badan dapat dicegah, sedangkan minuman berenergi sebagai sumber tenaga baru.

Jika hal ini dilakukan, maka kehilangan berat badan dapat dicegah dan DOD akan mempunyai kesehatan  normal kembali. Terlambat penanganan ketika baru datang dapat terlihat dari berat DOD tidak seragam nantinya.

Pilih jenis Bebek kelamin jantan
Secara umum dan sudah terbukti baik secara teori maupun praktek bahwa laju pertumbuhan Bebek jantan lebih cepat dari pada itik betina sehingga berat badan akhir pada umur panen akan berbeda. Oleh karen itu memelihara DOD untuk tujuan potong sebaiknya pilih satu jenis kelamin saja yaitu jantan. Hal ini tidak sulit karena produsen DOD itik telah menjual secara terpisah antara jantan dan betina. Memilih Bebek jantan lebih menguntungkan karena harga DOD jantan lebih murah dari DOD betina.

Jumlah tempat pakan dan minum memadai
Tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah tempat pakan dan minum adalah salah satu faktor pendukung  menghasilkan Bebek potong seragam. Jumlah tempat pakan dan tempat air minum terlalu sedikit akan membuat itik saling berebutan dalam memperoleh pakan dan minum. Ternak yang dominan akan dengan mudah mendapat pakan dan minum sedang ternak kalah akan kesulitan. Biasanya peternak memberi tempat pakan sebanyak 3-4 buah untuk 50 ekor. Begitu juga kebutuhan tempat minum tidak jauh beda dengan jumlah kebutuhan tempat pakan

Kepadatan kandang Yang Baik
Kepadatan kandang juga dapat mempengaruhi keseragaman berat badan. Kandang terlalu padat menyebabkan Itik tidak mendapat pakan dan minum secara serentak. Kepadatan kandang terlalu tinggi dapat muncul stress dan prilaku dominasi pada sekelompok itik. Kepadatan kandang 10-15 ekor/m2 untuk itik umur 5-6 minggu dianggap baik.

Pilih Bentuk pakan Itik Seragam
Selain masalah kualitas dan kuantitas pakan,  keseragaman bentuk pakan mungkin sering terlupakan oleh peternak. Perlu diketahui bahwa pakan yang tercampur secara tidak merata dapat menyebabkan tidak seragamnya berat akhir Bebek potong. Ada Bebek kelebihan dalam menerima zat gizi dan ada Bebek kurang mendapat  zat gizi. Karena mencampur pakan mungkin ada bagian yang kaya akan zat gizi atau sebagian tidak. Untuk menghindari hal ini, lakukan pencampuran bahan pakan secara merata.

Abnormalitas dan penyakit
Abnomalitas bibit bisa disebabkan oleh kelainan metabolik seperti defisiensi atau kelebihan zat gizi. Kelainan metabolisme dapat mempengaruhi tingkat efisiensi dalam penggunaan pakan sehingga berpengaruh pula pada laju pertumbuhan.

Abnormalitas seperti Itik yang mengalami kelainan kaki (pengkor), ia akan sulit mendapa pakan dan minum dan kekurangan zat gizi, sehingga pertumbuhan terhambat.

Kalau Itik terkena penyakit secara umum berakibat nafsu makan menurun sehingga jelas akan berpengaruh pada pertumbuhan. Kalau demikian maka langkah tepat adalah variasi cara memperlakukan individu. Ternak yang terkena ganguan abnormalitas atau penyakit pada kandang tersendiri. Cara ini agar kelak mendapat itik potong seragam.

Pencahayaan merata
Ternak yang mendapat tingkat cahaya berbeda akan berbeda pula tingkat pertumbuhannya. Tingkat pencahayaan berbeda akan berpengaruh pada stimulasi pada glandula pituitari sehingga dapat penyebab sebagian ternak mencapai dewasa kelamin lebih awal atau lambat. Untuk mengatasi apabila pencahayaan kurang, cuaca mendung atau hujan maka dapat dilakukan penambahan cahaya secara buatan.

Suhu kandang merata
Suhu mempengaruhi pertumbuhan ternak. Pada saat anak itik masih umur DOD maka anak itik masih memerlukan panas tambahan.  Maka perlu pemberian suhu pemanas buatan yang tepat agar mampu menciptakan suhu kandang ideal. Sebagai contoh anak itik yang mendapat panas berlebihan, nafsu makan akan menjadi menurun sedangkan nafsu minum akan meningkat begitu pula sebaliknya. Demikian pula masalah letak posisi kandang, bagian kandang terkena sinar matahari tidak mudah lembab.

Demikian jalan keluar dan penyebab tidak seragam Bebek pada saat umur potong. Sebagian besar penyebab berasal dari manajemen pemeliharaan, berujung pada berkurangnya keuntungan atau menjadi salah satu sebab kerugian, tapi kalau ini teratasi untung besar dari usaha budidaya Bebek.

Pachypodium Tanaman Purba Langka Dan Eksotis

Pachypodium pernah populer di Indonesia disekitar awal era tahun 1990-an. Tapi entah kenapa baru awal tahun 2007 peminat terhadap tanaman ini kembali ramai. Padahal di luar negeri sudah lebih dari 1 abad, para peneliti, para pencinta dan kolektor tanaman langka memburu dan mengkoleksi tanaman ini konon terancam punah ini.

Tumbuhan Pachypodium konon dipercaya sudah hidup selama jutaan tahun lalu sebelum era jaman batu, merupakan tanaman yang dapat terus berevolusi dan mampu menyesuaikan diri terhadap habitat di mana ia tumbuh. Sisa tanaman purba yang satu ini tetap bisa bertahan hidup dan lestari sampai sekarang ini telah mampu menarik minat para peneliti dan kolektor tanaman langka sejak akhir abad ke-18.

pachypodium saundersii

Spesies-spesies baru dari tanaman Pachypodium terus dilahirkan, karena mampu berevolusi yang terjadi pada tanaman ini terus memunculkan spesies hibrida baru, tidak hanya pada habitat aslinya di Madagaskar, namun juga di seluruh benua di mana tanaman ini bisa tumbuh dan berevolusi. Konon masih terdapat ratusan spesies tanaman Pachypodium yang belum dapat teridentifikasi maupun terklasifikasi.

Sementara ini baru sekitar 25 spesies saja yang dikenal secara luas di dunia. Di Indonesia baru mengenal tanaman ini pada era tahun 1990-an, jenis yang dibudidayakan masih terbatas (sekitar kurang lebih 15 species yang dapat dijumpai di Indonesia) karena kesesuaian syarat tumbuh maupun terhambat masalah proteksi yang diberlakukan oleh negara asal Madagaskar, maupun negara-negara lain di Afrika Selatan.

pachypodium namaquanum

Meski demikian ada spesies tanaman Pachypodium amat menarik perhatian para pecinta tanaman hias di Indonesia karena bentuk bonggol berduri dan bentuk daun dan bunganya yang cantik.

Pachypodium adalah tanaman asli tanaman endemik di Pulau Madagaskar, Afrika bagian selatan (Mozambique, Angola, Botswana, Afrika Selatan, Zimbabwe, Namibia, dan Swaziland).

Banyak orang menganggap Pachypodium mirip dengan tanaman kaktus, dan bahkan ada pula yang menganggap termasuk dalam golongan tanaman hias palem.

http://tanaman.org/

Tips Sukses Usaha Budidaya Ternak Ayam Broiler

Ini dia Tips Sukses Budidaya Ternak Ayam Broiler agar terus bertahan dan apa saja faktor penentu keberhasilan dari usaha ini.

Dari tahun ke tahun kebutuhan ayam broiler terus meningkat seiring dengan minat masyarakat mengkonsumsi daging ayam, begitu juga peningkatan terhadap minat usaha peternak ayam broiler. Tetapi kadang tidak disertai dengan kestabilan keuntungan bagi peternak, sehingga seringkali banyak peternak gulung tikar.

Budidaya Ayam Broiler

Inilah Tips Sukses Budidaya Ternak Ayam Broiler :


1. Kandang Ayam Broiler
Kandang harus memenuhi syarat teknis untuk kesehatan ternak, antara lain : Tidak bocor, ventilasi cukup dan sinar matahari tidak dapat masuk langsung ke dalam kandang. Jarak antar kandang tidak terlalu rapat, minimal antar kandang selebar satu kandang. Saluran air atau pembuangan di sekitar kandang harus lancar. Lantai kandang harus miring ke satu atau dua arah untuk mempercepat proses pembersihan dan mencegah genangan air dalam kandang. Kandang harus kuat dan tahan lama sehingga tidak cepat rusak.

2. Peralatan kandang
Peralatan kandang keberadaannya sangat vital seperti tempat pakan (feeder), tempat minuman (drinker), pemanas, seng pelindung anak ayam (chick guard), layar / tirai penutup kandang dan alat semprot desinfektan (sprayer) harus tersedia dalam jumlah cukup. Jika peralatan kurang dari kebutuhan berdasarkan jumlah ayam, maka dapat menimbulkan masalah seperti, berat standar ayam sulit dicapai, jumlah ayam kerdil akan banyak, mudah datang penyakit, gampang mati dan kualitas ayam secara keseluruhan tidak baik.

3. Anak ayam DOC
Anak ayam umur sehari (DOC) yang baik mempunyai ciri-ciri : bulu kering dan bersih, berat tidak dibawah standar (minimal ± 39 gr/ekor), lincah, tidak mempunyai cacat tubuh dan tidak menunjukkan adanya penyakit tertentu seperti ompalitis, ngorok ataupun pullorum, hal ini dapat dilihat dari kotoran berwarna putih  melekat pada dubur.

4. Pakan Broiler
Pakan yang baik adalah mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh ayam (protein, lemak, abu, serat kasar, energi, vitamin dan asam-asam amino).

Hal ini dapat dilihat dari standar kebutuhan zat-zat makanan pada masing-masing periode pemeliharaan, yang sering terlupakan adalah pakan tersebut harus tidak menyebabkan diare, sebab diare dapat menyebabkan litter menjadi basah sehingga konsentrasi amoniak dalam kandang meningkat, akhirnya menimbulkan penyakit dan problem berat badan.

5. Obat Ayam Broiler
Meliputi antibiotika, vaksin dan vitamin dibutuhkan untuk membantu mempertahankan kesehatan ayam, atau  mengobati ayam bila terserang penyakit.

Pemilihan dan pemakaian obat-obatan harus tepat sesuai kasus yang dihadapi. Oleh sebab itu, diagnosa penyakit tidak boleh salah untuk efektif terapi pengobatan. Obat-obatan ini hanya sebagai pendukung, bukan faktor utama ayam menjadi sehat. Karena, faktor utama untuk menghasilkan ayam sehat adalah sanitasi dan tata laksana pemeliharaan yang benar. Obat bagus dan mahal tidak akan bermanfaat bila sanitasi dan manajemen pemeliharan buruk. Malah dapat menimbulkan kerugian, karena problem penyakit akan sering muncul dan sulit diatasi dan berujung pada biaya produksi tinggi.

6. Manajemen pemeliharaan
Faktor-faktor diatas dapat berfungsi dengan baik bila manajemen atau tatalaksana pemeliharaan dijalankan dengan benar. Manajemen yang baik akan meningkatkan efisiensi produksi, sehingga memperkecil beban pengeluaran.

7. Pemasaran Hasil Usaha Ayam Broiler
Pemasaran tidak dapat dipisah dari keberhasilan suatu usaha. Akan sia-sia kerja baik apabila pemasaran broiler dilakukan kurang rapi dan terencana. Pemasaran yang baik adalah tepat waktu, memakan waktu singkat dan harga jual tinggi, tentu saja mengikuti harga pasar.

Faktor ketepatan waktu dan lama proses pengangkatan ayam dari kandang sangat penting. Pemasaran terlambat walau hanya satu-dua hari, akan memperbesar biaya produksi terutama untuk pakan. Sedangkan proses transportasi ayam dari kandang berlarut-larut akan menimbulkan stres pada ayam sehingga beresiko kematian ayam.

http://www.poultryindonesia.com/

Cara Pengawetan Telur Itik Pasca Panen

Kegiatan pascapanen telur itik adalah mengawetkan. Dengan pengawetan maka nilai ekonomis telur itik akan lebih lama dibanding jika tidak melakukan pengawetan. Telur yang tidak diberi pengawetan hanya dapat tahan selama 14 hari jika disimpan pada temperatur ruangan bahkan akan segera membusuk.

Pengawet Telur Itik

Adapun perlakuan pengawetan terdiri dari :


1. Pengawetan dengan air hangat. Pengawetan dengan air hangat merupakan pengawetan telur itik paling sederhana. Dengan cara ini telur dapat bertahan selama 20 hari.

2. Pengawetan telur dengan daun jambu biji. Perendaman telur dengan daun jambu biji dapat mempertahankan mutu telur selama kurang lebih 1 bulan. Telur yang telah direndam akan berubah warna menjadi kecoklatan seperti telur pindang.

3. Pengawetan telur dengan minyak kelapa. Pengawetan ini merupakan pengawetan yang praktis. Dengan cara ini warna kulit telur dan rasanya tidak berubah.

4. Pengawetan telur dengan natrium silikat. Bahan pengawetan natrium silikat merupkan cairan kental, tidak berwarna, jernih, dan tidak berbau. Natirum silikat dapat menutupi pori kulit telur sehingga telur awet dan tahan lama hingga 1,5 bulan. Caranya adalah dengan merendam telur dalam larutan natrium silikat10% selama satu bulan.

5 Pengawetan telur dengan garam dapur. Ggaram direndam dalam larutan garam dapur (NaCl) dengan konsentrasi 25-40% selama 3 minggu.

Demikian tadi tips mengawetkan telur, dengan demikian usaha budidaya Itik Petelur semakin baik dan berhasil, somoga sukses  

Bambang Suharno, Ir. dan Khairul Amri. Beternak itik secara intensif. Penerbit Penebar Swadaya. Tahun 1998 Redaksi Trubus. Beternak Itik CV. 2000-INA. Penerbit Penebar Swadaya. Tahun 1999 Prawoto; Peternak ternak itik. Desa Sitemu Kec. Taman Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52361 Proyek Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan – BAPPENAS Jl.Sunda Kelapa No. 7 Jakarta, Tel. 021 390 9829 , Fax. 021 390 9829 Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi, Deputi Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Iptek, Gedung II BPPT Lantai 6, Jl. M.H.Thamrin No. 8, Jakarta 10340, Indonesia, Tel. +62 21 316 9166~69, Fax. +62 21 310 1952, Situs Web: http://www.ristek.go.id
Sumber : Proyek Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan, Bappenas http://budidayanews.blogspot.com/2011/01/budidaya-ternak-bebek-petelur.html
 
DMCA.com | © Copyright 2014. Budidaya Usaha
Privacy Policy | Daftar Isi